You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Padaharja

Kec. Kramat, Kab. Tegal, Prov. Jawa Tengah

Renovasi Gapura Desa Padaharja 2023


Renovasi Gapura Desa Padaharja 2023

Tiap memasuki sebuah desa, sering kita menjumpai sebuah gapura desa. Sebaliknya ketika kita hendak meninggalkan suatu desa, ada pula gapura yang terpampang.

Gapura dibuat dengan beragam bentuk, ukuran maupun bahannya. Semua itu sebagai pertanda bahwa kita memasuki sebuah desa dengan nama A, B dan seterusnya. Biasanya tertulis Selamat Datang, Sugeng Rawuh atau sebliknya, Selamat Jalan, Sugeng Tindak. 

Namun dibangunya sebuah gapura desa apakah hanya berfungsi sebagai penanda masuk keluar sebuah desa saja? Tentu tidak. Gapura desa selain sebagai papan nama sebuah desa juga mengartikan beberapa hal berikut:

Pertama, Gapura desa dibuat sebagai tapal batas sebuah wilayah desa tertentu. Banyak kita jumpai di beberap desa, batas-batas desa yang belum banyak diketahui warga. Apalagi sebelum adanya gapura atau gerbang desa.

Kedua, Gapura desa biasanya dibuat, didesaian dengan ukuran dan motif tertentu. Tentu bukan asal buat. Dengan bentuk gapura desa yang ada setidaknya sebagai sebagi bentuk simbol, karakter masyarakat pada umumnya atau mencirikan sebuah visi-misi sebuah desa. Maka tak heran anatr gapur ayang satu dengan lainnya pun terkadang beda jauh dari bentuk dan estetisnya.
Ada yang terkesan biasa, simpel. Ada pula yang terbentuk dengan elegan. Tentunya bukan karena anggaran yang digunakan untuk membangunnya, tetapi betul-betul mencirikan suatu desa.
Ketiga, Gapura desa juga sebagai suatu kebanggan tersendiri, terutama ketika kita baru saja keluar desa jauh atau dalam kurun waktu lama. Ada rasa bahagia, ketika kita sudah memasuki gapura atau gerbang desa, tanah kelahiran kita. Sebaliknya, ada rasa kehilangan, ketika kita akan pergi jauh atau lama meninggalkannya.

Bagikan artikel ini: