You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Padaharja

Kec. Kramat, Kab. Tegal, Prov. Jawa Tengah

Belajar Budidaya Lele Sangkuriang oleh Dodi Catur Afrianto


Belajar Budidaya Lele Sangkuriang oleh Dodi Catur Afrianto

Hidup itu harus berusaha sukur sukur punya usaha... hehehe seperti itu lah jargon yg di ganyang pak Dodi catur afriantoro, pamong desa padaharja (39th). budidaya lele menjadi salah satu usaha pilihan yg di pilih oleh pak dodi. selain kepala desanya sendiri (pak Firman maulana) yang sedang mengembangkan budidaya lele sangkuriang, pak kades juga sedang membentuk usaha budidaya perikanan yg dinamai PADEPOKAN SIDAMULYA yang ber Home base di desa padaharja dk kedondong. 

Kenapa memilih budidaya lele? budidaya lele dinilai sangat gampang untuk pemula, selain itu budidaya lele yg di pilih mengukan sistem water green. yaitu Air Alga seperuluna. sehingga tak perlu mengganti air setiap minggunya. resiko kematian pun sedikit. 

pembuatan kolam, sebenarnya pembuatan kolam itu bervariasi, tergantung bajad setiap pengusaha yg akan menekuninya, bisa mengunakan herbel atau bata ringan, cor atau tembok, atau yg lebih ekonomis dengan mengunakan bambu/pring. pring sering digunakan petani lele sebagai bahan pembuatan kolam, karna selain ekonomis pring juga kuat untuk menopang beban air jika pemasangannya baik dan benar. selain itu lokasi kolam harus terbuka dan terkana sinar matahari.

Berapa jumlah kolam yang di miliki? saat ini saya memiliki 8 kolam dengan ukuran 5x2 meter, dengan daya sebar 100 ekor per meter. berarti 1 kolam 1000 ekor. 

jenis pakan yg digunakan? untuk 1 bulan pertama pakannyg digunakan pelet atau pur dg ukuran pf 1000, menginjak 1 bulan kedepan mengunakan pakan ikan rucah. alasan mengunakan pakan ikan rucah yg pertama harga lebih murah, kandungan gizi ikan rucah lebih banyak 40 - 55 % protein. yg mana itu bisa mempercepat pertumbuhan ikan

Berapa lama pembudidayaan ikan lele sangkuriang? diperkirakan budidaya ini memakan waktu 2- 2,5 bulan, dengan eatimasi penghasilan 1 kolam itu mendapatkan 1 kintal atau 100kg. dengan harga 17rb, maka penghasilan 8 kolam jika panen kisaran 13,6jt dengan biaya oprasional 3,5jt. masih untung sekitar 10jt per 2bulan.

jangan patah semangat teman teman untuk memulai usaha, kita boleh memilih apapun usaha yg dipilih. namun kita juga harus mempraktekkannya.

Bagikan artikel ini: